PT GNI Donasikan Alat Laboratorium ke ITB

JAKARTA- Perusahaan smelter nikel PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) bekerja sama dengan Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan Institut Teknologi Bandung (FTTM ITB) menggelar pelatihan dan penelitian di Bidang Pirometalurgi secara online pada 21 Maret 2023. Dalam kesempatan tersebut, juga dilaksanakan upacara penyerahan simbolis donasi alat laboratorium berupa Benchtop Scanning Electron Microscope (SEM) dari PT GNI kepada FTTM ITB.

SEM sendiri merupakan alat yang digunakan untuk mengkaji struktur morfologi permukaan dan cross section suatu bahan serta memberikan informasi terkait komposisi kimia dalam suatu bahan, baik bahan konduktif maupun bahan non konduktif. Kemampuan inilah yang membuat SEM banyak digunakan untuk keperluan penelitian dan industri.

Acara ini merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) PT GNI yang kali ini menyasar pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan memberikan kontribusi bagi institusi pendidikan. Pada kesempatan tersebut, Wakil Dekan Bidang Akademik FTTM ITB Syafrizal menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT GNI atas donasi yang diberikan kepada FTTM ITB.

“Atas nama Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya dan juga MoU yang sudah kita tandatangani bersama antara Fakultas dan PT GNI mudah-mudahan bisa kita implementasikan dan bermanfaat buat semuanya, bermanfaat buat penelitian dan juga bermanfaat buat adik-adik mahasiswa,” ungkapnya pada Selasa (21/3/2023).

Syafrizal menambahkan, alat laboratorium ini nantinya selain akan digunakan untuk kegiatan penelitian, juga dapat digunakan mahasiswa untuk mengerjakan tugas akhir.

“Jadi tadi saya sudah sempat lihat, luar biasa dibandingkan dengan alat yang kami punya kalah jauh. Kalau di ilmu saya perbesaran 1500 itu sudah luar biasa, ternyata alat yang baru ini bisa sampai 20.000 luar biasa sekali. Jadi nanti adik-adik bisa memanfaatkan alat yang ada untuk penelitian dan juga alat ini bisa digunakan untuk tugas akhir mahasiswa,” imbuhnya.

Selain donasi, PT GNI juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang akan menyelesaikan pendidikan dan mencari pekerjaan melalui Workshop yang akan diisi oleh Career Coach Specialist Teddy Diego.

Workshop ini membahas seputar dunia kerja, tips dan trik tentang persiapan melamar kerja, seperti cara membuat CV, cara menjawab pertanyaan HRD, dan gesture yang tepat saat interview, dan lain-lain. Para peserta juga berkesempatan mengikuti Visit Laboratorium Pirometalurgi secara online.

Direktur Utama PT GNI Wisma Bharuna mengungkapkan, donasi ini merupakan salah satu bentuk nyata dari program CSR perusahaan. Selain memberikan donasi, PT GNI juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menghadiri workshop yang membahas tips dan trik agar sukses pada saat interview serta mencari tahu mengenai lapangan pekerjaan apa saja yang tersedia.

“Kami berharap, acara ini dapat memberikan banyak manfaat dan wawasan bagi mahasiswa dalam persiapan menghadapi dunia kerja yang semakin kompetitif,” ujar Bharuna.

Bharuna menambahkan bahwa PT GNI akan terus berkontribusi dalam pengembangan sumber daya manusia, khususnya di bidang pendidikan. Dengan majunya pendidikan di Indonesia, akan menciptakan SDM yang terampil dan dapat bersaing di dunia kerja.

“Selain itu, saya juga berharap kegiatan ini dapat memperkuat hubungan antara PT GNI dan FTTM ITB sehingga dapat terus berkolaborasi dalam berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi kedua belah pihak serta masyarakat Indonesia,” pungkasnya. VAN

Berita ini dapat di akses di BeritaMorut, InfoMorut, dan MorutPos.

id_IDIndonesian