Syarat Masuk PT GNI, Lamaran Kerja Dikirim Lewat Disnaker Pemda Morowali Utara


Perusahaan smelter Nikel PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) yang berada Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah, membutuhkan ribuan tenaga kerja, baik tenaga kerja ahli maupun non ahli.

Olehnya, bagi para Pencari Kerja (Pencaker) yang berminat masuk di perusahaan smelter Nikel PT GNI dapat mengajukan lamaran kerja yang dikirim melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pemerintah Daerah Morowali Utara.

Menurut Plt Kepala Dinas Nakertrans Pemda Morut Muh Suting, SPd.MM, hasil kerjasama PT GNI dan Pemda Morut untuk rekrutmen berkas tenaga kerja yang melamar di PT GNI akan melalui Disnaker Pemda Morut.

“Berkas-berkas pelamar akan diverifikasi tim dari Disnaker Morut sebelum diserahkan ke pihak HRD PT GNI. Jadi tugas kita hanya menverifikasi berkas pencari kerja. Adapun yang berhak menerima kerja adalah manajemen PT GNI,” kata Muh Suting kepada Metrosulteng, Senin (11/4).

Untuk berkas atau kelengkapan dokumen yang perlu disiapkan para Pencaker adalah Surat lamaran pekerjaan, Daftar riwayat hidup, foto copy KTP dan Kartu Keluarga, Foto Copi ijazah dan transkip nilai yang telah dilegalisir, surat pengalaman kerja, pas foto 3 x4 (JPEG) 4 lembar, kartu NPWP dan kartu Vaksin. Termasuk jangan lupa cantumkan no telefon (HP).

Sedangkan syarat Pencaker adalah berusia 18-35 tahun, pendidikan minimal SMP, disiplin jujur dan bertanggung jawab, mampu bekerja dalam tim, mampu bekerja dibawah tekenan, memiliki riwayat kesehatan yang baik dan wajib memiliki kartu pencari kerja yang dikeluarkan Disnaker.

Suting menambahkan, bagi Pencaker yang berada diluar daerah Morowali Utara dapat mengirimkan berkas lamaran ke Disnaker Morowali Utara di Jalan Tarundungi no 4, Kelurahan Kolonodale, Kecamatan Petasia, Kabupaten Morowali Utara, Sulteng atau bisa diantar langsung ke kantor Disnaker Morut.

“Jika ada kekurangan dari berkas yang Pencaker kirim, kami akan hubungi lewat nomor telepon Pencaker,” jelasnya.

Ditambahkannya, untuk kartu putih atau kartu pencari kerja bagi mereka yang berada diluar daerah, cukup ambil di daerah asal. Nanti petugas Disnaker Morowali Utara akan membantu untuk menggantikan kartu AK 1 atau kartu Pencaker, dari daerah asal ke  kartu AK 1 Pemda Morowali Utara.

Jadi setiap pekan setelah verifikasi, Disnaker Morut serahkan berkas Pencaker ke manajemen PT GNI di Desa Bunta, Kecamatan Petasia Timur.

Suting tegaskan, tidak ada Pencaker yang dipersulit dan semua gratis tanpa ada pungutan.

Selama rekrutmen tenaga kerja PT GNI yang dibuka sejak 21 Januari 2022 lalu hingga 8 April 2022 sudah 5000 lebih berkas lamaran kerja masuk di Disnaker Morut.

Kerjasama rekrutmen Tenaga Kerja di PT GNI dan Disnaker Pemda Morut ini sendiri akan berakhir pada 21 April 2022. Kemungkinan bisa diperpanjang atau tidak tergantung pihak PT GNI.

Akhir kata, saat ini PT GNI membutuhkan tenaga kerja non ahli seperti sopir, juru masak, pekerjaan bangunan, gudang, logistik dan lainnya untuk mendukung pembangunan smelter.

Berita ini dapat dilihat di MetroSulteng.

id_IDIndonesian