https://icab.brown.gob.ar/dana/ https://rsudsosodoro.bojonegorokab.go.id/wp-content/-/rs-dana/ https://wisata.rembangkab.go.id/ntoto/ https://newepaper.jawapos.co.id/system/sgacor/ https://digilib.unjani.ac.id/wp-includes/class/sdana/ https://training.dhis2.org/mod/ads/ https://m3.inpt.ac.ma/ads/ https://plataformavirtual.fespugt.es/ads/ https://priet.pens.ac.id/import/ads/ https://taep.umm.ac.id/certification/system/ https://bdti.umku.ac.id/wp-includes/spulsa/ https://lapor.jogjaprov.go.id/admin/ads/ https://rs.uns.ac.id/wp-includes/spulsa/

Dampak Kehadiran PT GNI Terhadap Perekonomian Daerah - PT GNI

Dampak Kehadiran PT GNI Terhadap Perekonomian Daerah

Kehadiran PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) sebagai perusahaan smelter nikel di Morowali Utara, Sulawesi Tengah, memberikan kontribusi positif pada perekonomian daerah melalui sinergitas program hilirisasi mineral dan batu bara (minerba).

GNI tidak hanya berfokus pada kegiatan pengolahan nikel, tetapi juga berusaha untuk bersinergi dengan pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Dampak positif dari keberadaan PT GNI terutama dirasakan oleh warga Desa Bunta, Kecamatan Petasia Timur, Kabupaten Morowali Utara. Sejak tahun 2019, ketika PT GNI mulai beroperasi di desa tersebut, terjadi perubahan signifikan dalam berbagai aspek, terutama dalam hal lapangan kerja.

Kepala Desa Bunta, Christol Rizal Lolo, menyatakan bahwa PT GNI telah memberikan kontribusi besar bagi perekonomian daerah dengan menciptakan lapangan pekerjaan. Selain itu, perusahaan ini juga telah berperan dalam pembangunan infrastruktur desa, termasuk akses jalan yang digunakan oleh masyarakat setempat.

Christol Rizal Lolo juga mencatat bahwa sejak PT GNI hadir, sejumlah rumah kos-kosan dan BRILink telah dibangun, menunjukkan pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut. Peningkatan ini tidak hanya mencakup sektor perumahan, tetapi juga memperluas akses ke layanan keuangan dengan pembangunan BRILink.

Lebih lanjut, PT GNI telah berhasil menyerap sekitar 4.000 pekerja sampai saat ini, dengan rencana untuk meningkatkan jumlah tersebut menjadi sekitar 10.000 pekerja di masa mendatang.

Tony Zhou Yuan, pendiri PT GNI, menyatakan bahwa perusahaan bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk mewujudkan program hilirisasi pemerintah.

Investasi PT GNI mendapat dukungan kuat dari berbagai tingkatan pemerintahan, dan perusahaan berkomitmen untuk tidak hanya fokus pada pengolahan nikel, tetapi juga berkontribusi pada sektor pendidikan, lingkungan, pariwisata, dan aspek lainnya yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Melalui upaya kolaboratif ini, PT GNI berharap dapat terus memberikan manfaat positif bagi daerah dan masyarakat sekitarnya.

Sumber: mediaindonesia.com/nusantara/432894/keberadaan-pt-gni-bawa-berkontribusi-pada-perekonomian-daerah

id_IDIndonesian