Pemberdayaan UMKM di Lingkungan Smelter PT GNI

Sejak tahun 2019, kehadiran PT Gunbuster Nickel Industry (PT GNI) di Morowali Utara, Sulawesi Tengah, telah memberikan berbagai manfaat signifikan bagi penduduk sekitarnya. Terutama dalam mendorong pertumbuhan ekonomi pada tingkat usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Sebagai perusahaan smelter nikel yang aktif dalam program hilirisasi minerba, salah satu tujuan PT Gunbuster Nickel adalah menciptakan lapangan kerja dan mengembangkan ekosistem usaha yang luas (multiplier effect) dan berkelanjutan.

Harapannya, multiplier effect ini akan terjadi ketika banyak warga lokal direkrut sebagai pekerja, mengurangi tingkat pengangguran, dan meningkatkan kesejahteraan UMKM kecil dan masyarakat menengah.

PT Gunbuster Nickel telah berhasil mencapai tujuannya dengan menyerap banyak tenaga kerja lokal, yang pada gilirannya mendorong pertumbuhan UMKM di sekitarnya. Sebagai contoh, banyak UMKM yang didirikan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari ribuan karyawan PT GNI.

Beberapa usaha yang ada di lingkungan smelter diantaranya seperti warung makan, toko kelontong, jasa cukur rambut, bengkel, dan layanan perbankan tanpa kantor seperti BRILink. Selain itu, sejak kehadiran PT GNI, puluhan unit kos-kosan telah dibangun, menciptakan lebih banyak peluang bagi warga sekitar untuk terlibat dalam dunia usaha.

Dengan demikian, dampak positif kehadiran PT GNI tidak hanya dirasakan di tingkat industri, tetapi juga menciptakan peluang dan potensi bagi warga sekitar untuk mengembangkan usaha mereka.

Sumber: https://www.kompas.id/baca/adv_post/pt-gni-dorong-pemberdayaan-umkm-di-kawasan-smelter

en_USEnglish