Upaya Mengurangi Angka Kecelakaan Kerja, PT GNI Ciptakan Lingkungan Kerja Yang Aman

PT Gunbuster Nickel Industry (PT GNI) terus berupaya dalam mewujudkan lingkungan kerja yang aman dan nyaman bagi para pekerja. Dengan komitmen tinggi terhadap aspek keselamatan dan kesehatan kerja (K3), PT GNI telah menerpkan berbagai upaya untuk menekan angka kecelakaan kerja, yang diantaranya sebagai berikut:

Komitmen Terhadap Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3):

PT GNI sangat berkomitmen untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman dan nyaman bagi para pekerjanya dengan mengambil langkah-langkah konkret untuk menekan angka kecelakaan kerja.

Diklatsar Penyelamatan dan Penanganan Kecelakaan Kerja:

Salah satu langkah utama yang diambil oleh PT GNI adalah melalui pelaksanaan program Diklatsar. Program ini memberikan pelatihan kepada karyawan mengenai penanganan kondisi darurat di tempat kerja, termasuk penggunaan sarana dan prasarana tanggap darurat yang sesuai standar.

Pemakaian Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan Pelatihan Lainnya:

Pelatihan yang diberikan dalam Diklatsar mencakup berbagai aspek, seperti pemakaian APAR, penyelamatan kecelakaan kendaraan, evakuasi kebakaran, dan penyelamatan di air. Ini membantu karyawan untuk siap menghadapi situasi darurat dan mengurangi risiko kecelakaan.

Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (P2K3):

PT GNI membentuk Panitia Pembina Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (P2K3) yang berperan penting dalam mengawasi dan melaksanakan regulasi keamanan kerja. P2K3 menjadi wadah kerja sama antara pengusaha dan pekerja untuk mengembangkan pemahaman dan partisipasi dalam penerapan K3.

Dialog dengan Karyawan:

PT GNI senantiasa melakukan dialog dengan para karyawan untuk mendorong keterbukaan dan rasa saling menghargai antara perusahaan dan karyawan, serta menciptakan budaya kerja yang nyaman dan kondusif.

Dukungan Pemerintah:

PT GNI telah diakui sebagai role model dalam industri smelter nikel di Indonesia oleh Kementerian Ketenagakerjaan. Para pejabat Kemenaker memberikan apresiasi atas upaya perusahaan dalam membentuk dan menerapkan P2K3 sebagai regulasi keamanan kerja yang berhasil.

Dukungan pemerintah terhadap PT GNI juga dalam aspek melindungi hak-hak asasi manusia (HAM), keselamatan karyawan serta akan terus mendukung regulasi keamanan kerja yang berlaku di Indonesia.

Sumber:

  • https://hsemagz.com/2023/09/06/sederet-upaya-pt-gni-teken-angka-kecelakaan-kerja/
id_IDIndonesian