Gelar Aksi Pemeriksaan Kesehatan Gratis, Warga Desa Antusias Sambut CSR PT GNI

Menyasar sektor kesehatan, PT Stardust Estate Investment dan PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) kembali berkolaborasi dalam program Corporate Social Respnonsibility (CSR) yang digelar selama 3 (tiga) hari di bulan Agustus lalu. Perusahaan yang bergerak di bidang industri smelter nikel yang terletak di Kabupaten Morowali Utara ini menunjukkan kepeduliannya terhadap masyarakat lingkar industri dengan meningkatkan kesadaran akan kebersihan dan kesehatan bagi warga di Desa Bunta, Desa Bungintimbe, dan Desa Tanauge. Inisiasi yang dilakukan ini berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2007, 2013, dan 2018, menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Penyakit tidak menular (PTM) di dunia dapat menyebabkan kematian sedikitnya 70%, walaupun penyakit ini tidak menular, pengendalian risiko yang lemah berpengaruh terhadap peningkatan kasus tiap tahun. PTM yang kian meningkat antara lain seperti hipertensi, diabetes, stroke, serta penyakit sendi/rematik/ encok. Tidak hanya Kementerian Kesehatan, usaha pengendalian PTM juga perlu didukung oleh pemerintah, swasta, organisasi profesi, dan semua Masyarakat. Demi adanya penurunan kasus PTM, maka diperlukan program pengendalian yang dapat meningkatkan kesadaran Masyarakat terhadap deteksi dini dan pengobatan penyakit.

Sebagai perusahaan smelter nikel yang memiliki tanggung jawab sosial dan peran yang cukup besar terhadap lingkungan lingkar perusahaan, PT GNI memahami bahwa masih kurangnya pengetahuan masyarakat desa lingkar industri mengenai penyakit tidak menular dan perilaku hidup bersih sehat. PT GNI tidak hanya ingin membawa pengaruh yang baik dan kontribusi terhadap masyarakat sekitar dalam sektor pembangunan ekonomi, sosial, infrastruktur, namun juga berbagi manfaat dan pengetahuan di sektor kesehatan. Dalam hal ini, PT GNI bekerjasama dengan PT Stardust Estate Investment (PT SEI), kawasan tempat PT GNI bernaung yang sama-sama memiliki kepedulian besar dalam meningkatkan pembangunan masyarakat secara berkelanjutan, berinisiasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait kesehatan, terutama pada edukasi dan pengendalian PTM. Kegiatan yang dihadirkan berupa pemeriksaan dan pengobatan gratis kepada masyarakat desa lingkar industri yang berlokasi di 3 (tiga) Desa yaitu Desa Bunta, Desa Bungintimbe, dan Desa Tanauge. Giat ini dilaksanakan pada tanggal 21, 24, dan 26 Agustus 2023 di balai pertemuan atau gedung sekolah masing-masing desa tersebut, dengan mengusung tema “Masyarakat Sehat, Desa Sejahtera”.

Selain meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai kesehatan, tujuan lain dari inisiasi ini yaitu untuk menurunkan angka prevalensi penyakit tidak menular (PTM), meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai perilaku hidup bersih dan sehat, meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap risiko penyakit tidak menular, meningkatkan brand awareness perusahaan khususnya PT GNI sebagai media komunikasi dengan jaringan masyarakat akar rumput lingkar kawasan, dan tentunya dalam melaksanakan tanggung jawab sosial kepada masyarakat lingkar perusahaan. Secara ruang lingkup, kegiatan yang dilaksanakan di tiga desa ini menargetkan 90 orang penerima manfaat pada setiap desa.

Pada praktiknya, fasilitas yang diberikan kepada masyarakat yaitu berupa penyuluhan dan edukasi mengenai perilaku hidup bersih dan sehat dan pemeriksaaan kesehatan dasar, antara lain pemeriksaan kolesterol, gula darah, dan asam urat. Untuk efektifitas dan efisiensi penggunaan obat yang diberikan saat pemeriksaan kesehatan dasar, pengadaan obat-obatan akan dilakukan dengan sistem konsinyasi dengan apotek terdekat yang tersedia di wilayah lingkar perusahaan. Selain itu sebagai penyalur tenaga medis, PT GNI juga bekerjasama dengan dokter yang melayani BPJS Kesehatan, sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan sekaligus pengenalan penggunaan BPJS Kesehatan pada Masyarakat khususnya bagi nelayan yang telah mendapatkan program BPJS dari Pemerintah Kabupaten Morowali Utara. Sejalan dengan tema Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 yaitu “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”, kegiatan ini juga diadakan dalam rangka semarak HUT RI ke-78 tersebut, di mana PT GNI ingin masyarakat lingkar industri terus melaju dengan kesadaran Kesehatan yang semakin ditingkatkan.

Devi, salah satu petugas medis yang bertugas menyampikan dukungannya “saya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan dalam membantu masyarakat desa untuk mendapat pelayanan kesehatan”. Antusias pemeriksaan kesehatan gratis ini pun juga dicurahkan oleh Lin, salah satu peserta yang diperiksa “inisiasi ini sangat-sangat bagus khususnya gratis lebih bagus untuk masyarakat umum, kedepannya lebih bagus lagi jika diadakan setiap bulan” kata Lin. Kegiatan ini diterima dengan sangat baik oleh masyarakat desa lingkar perusahaan.

id_IDIndonesian